expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Kami

Rainaldy Sebastian M.Fajar Atma Dinata Ersa Rahmawati Nur Illyyin DeviAnita Tamara MB
SELAMAT DATANG ho..ho..ho..
santa provided by bunnyhero labs

Selasa, 16 November 2010

Sifat keturunan

Pada permulaan kehidupan yang sebenarnya, pola pertumbuhan seseorang (yang diwarisi dari orang tuanya) sudah ditentukan, sekali dan untuk selamanya. Kedua orang tua masing-masing telah memberikan kepada anaknya sejumlah 23 kromosom yang berbentuk seperti benang didalam sel masing-masing.
Benang-benang renik membawa beribu-ribu gen penentu bentuk keturunan seseorang. Ada gen untuk umur panjang, untuk warna mata, untuk bentuk hidung, untuk ukuran kaki, dan sifat-sifat lain yang tak terhitung jumlahnya.

Gen dan kromosomnya, dengan begitu, ada pada telur yang dibuahi sejak dari awal mula dan mereka mengendalikan seluruh perkembangan itu sepanjang kehidupan. Beberapa gen kromosomnya memperlihatkan pengaruhnya secara dini, sedangkan gen dan kromosom lainnya memberikan pengaruhnya hanya pada tahun-tahun kemudian. Demikianlah, biasanya sejenis penyakit gula baru terlihat setelah seseorang berumur 40 tahun. Gen-gen yang  memberikan kemungkinan umur panjang barangkali baru akan menampakkan diri jauh di kemudian hari. 
(Ilmu Pengetahuan Populer 8, Grolier, 1997)

Oleh:ERSA RAHMAWATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar