expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Kami

Rainaldy Sebastian M.Fajar Atma Dinata Ersa Rahmawati Nur Illyyin DeviAnita Tamara MB
SELAMAT DATANG ho..ho..ho..
santa provided by bunnyhero labs

Kamis, 18 November 2010

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Rangkuman :

Komponen dalam Darah

  1. Darah terdiri dari plasma darah dan sel-sel darah.Volume darah manusia sekitar 8% dari berat tubuhnya (4,5-5 liter).Darah dapat menjaga kestabilan suhu tubuh.
  2. Darah tersusun atas bagian yang cair (plasma darah)dan bagian yang padat (sel darah).
  3. Plasma darah terdiri dari air,serum,protein (albumin,hormon,globulin,protrombin,fibrinogen),garam-garam mineral,dan bahan-bahan organik.
  4. Plasma darah berfungsi mengangkut sari makanan dari usus ke hati lalu ke seluruh tubuh,karbon dioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru,urea dari hati ke ginjal,dan hormon dari kelenjar hormon ke seluruh tubuh.
  5. Sel-sel darah terdiri dari eritrosit(sel darah merah),leukosit(sel darah putih),dan trombosit(keping darah).
  6. Eritrosit berbentuk bikonkaf,tidak beriniti,dan mengandung hemoglobin.Hemoglobin dapat mengikat oksigen(oksihemoglobin).Eritrosit berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.Eritrosit yang sudah tua dirombak di hati dan limpa.Di dalam hati,hemoglobin dirombak menjadi zat warna empedu(bilirubin).
  7. Leukosit bentuknya tidak tetap,memiliki inti,dan tidak berwarna.Fungsi utamanya melawan bibit penyakit dengan cara memakannya(sel fagosit)dan dengan membentuk antibodi dan antitoksin(sel limfosit).Fagosit dibedakan menjadi monosit,basofil,eosinofil,dan neutrofil.
  8. Trombosit berbentuk tidak teratur dan tidak berinti.Trombosit berfungsi untuk pembekuan darah.Saat jaringan luka,trombosit pecah dan mengeluarkan hormon trombokinase/tromboplastin yang mengaktifkan protrombin menjadi trombin(dengan bantuan ion kalsium dan vitamin K).Trombin merangsang fibrinogen membentuk benang-benang fibrin yang menyebabkan darah membeku.
  9. Skema pembekuan darah adalah sebagai berikut:
Terjadi luka darah keluar keping darah(trombosit)pecah  menghasilkan enzim trombokinase  bersama ion kalsium dan vitamin K mengubah protrombin menjadi trombin  memengaruhi fibrinogen membentuk benang-benang fibrin menutup luka.




Sumber : Buku Mandiri Biologi.
              Yukaliana,dkk
Penerbit : Erlangga


BY:Nur Illiyin Devianita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar